Kamis, 06 Agustus 2020

(Review buku) Rekomendasi Novel dari Penulis Watppad

Halo!
Fyuh.. setelah setahun aku menghilang.. akhirnya aku menulis kembali di blog aku. Dengan pembahasan berbeda dari yang sebelumnya.

Tahun 2020 adalah hal yang menakjubkan. Gado-gado kalo diutarakan sekarang. Apalagi dengan pandemi yang masih belum tau kapan berakhir ya kan? Doa untuk diriku dan kalian semua dimanapun berada..semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

Masih dari tahun 2020, hobiku kini bertambah gengs!. Yang dahulu yang menimbun film dan drama serta menontonya. Sekarang aku menimbun ebook yang memang dijual di playstore. Coba buka aja ya.. dijamin bagus!. (Jangan lupa beli juga). Biasanya aku suka baca coba gratis dulu, kalo bagus dan enak baca karyanya, aku beli. Gitu terus. Hehe.

Sebenarnya,dari dulu aku suka membaca sih, Tapi menguap selama 5 tahun, dimulai dari 1  SMA hingga  kuliah semester 5. Terus akhirnya pengen baca lagi. Dari dulu pengen jadi penulis gak keturutan soalnya. hehehe. Jadilah aku malah penikmat karya orang (gak papa).

Bicara tentang karya ,aku suka genre romance. Tapi bukan yang dark. Jadi yang temanya married gitu. Soalnya dalam pemikiranku, mesra-mesraan habis nikah itu lebih ngena gitu. Wkwk.

OKE

CUSS AJA YA! jadi aku mau ngerekomendasiin karya bagus dari penulis wattpad dan sedikit sinopsinya. (Mohon maaf ya, aku cuman share foto cover dari google soalnya karya yang udah kubaca aku pindahin ke laptop. dan laptopku sedang rusak. HUHU). 
Langsung aja ya!.

1. KincirMainan ( Enjoy The Little Things)

source: goodreads
Yang pertama ada karya dari KincirMainan. Mungkin udah gak asing ya.. Ini karya paling fenomenal yang membuat aku suka banget sama kisah cinta yang ada di dalam novel ini. Bercerita tentang Maharani yang memiliki keluarga yang memegang prinsip orang jawa yang profeksionis harus menerima kenyataan saat malam setelah dia putus dengan Bima pacarnya, menyerahkan hal paling berharga miliknya untuk seseorang bernama Yudha. Beberapa bulan setelahnya, dia dinyatakan hamil dan itu membuat kebingungan bagi wanita itu. Masalah pertama adalah tingkah Yudha yang sama sekali tidak terlihat laki-laki dengan wajah putih nan manis dengan perilaku yang sedikit fenimim, yang kedua ayahnya yang Maharani tau tidak akan bisa menerima model wajah seperti Yudha dan ketiga kenyataan bahwa dia hamil sebelum menikah. Selama ini Maharani selalu diberi wejangan, bahwa wanita sebelum menikah harus menjaga diri dan dia melanggarnya.; Hal ini membuat dia merasa takut unruk bertemu keluarganya yang tinggal jauh di Yogya. Belum lagi bagian dari Yudha yang tersembunyi, menjadikan Maharani semakin ragu untuk menerima sosok tersebut, saat laki-laki itu akan bertanggungjawab untuk menikahi Maharani karena bayi yang dikandungnya. 

Kesan: Aku suka sekali cara penulis menulis cerita ini. Ceritanya mengalir, percakapannya padat namun ringan untuk dicerna. Dan yang pasti, tokoh yang dibangun sungguh membuat hatiku menghangat. Aku memang kurang suka Rani sih. Meskipun dia digambarkan cewek yang manis dan menyenangkan serta lulusan Psikologi (persis sepertiku). Tapi perbuatannya yang patah hati dan mengikuti teman-teman kosnya untuk bersenang-senang di club serta menyerahkan keperawanannya itu menurutku sungguh perilaku yang sangat...TIDAK TEPAT. tapi berkat itu juga,dia bertemu sosok Yudha yang memang seperti cewek (aku membayangkan tokohnya seperti sosok cowok fenimin gitu dan kemayu _) tapi tulus banget. Gila sih, cowok kayak Yudha itu jarang banget. Bahkan dia sabar banget menghadapi Rani dengan segala hormon kehamilan dan dengan berani menghadap bapak Maharani yang terkenal kolot. Pergolakan batin Rani antara memilih bapak dan Yudha juga menambah konfilk. Ditambah bagian hidup Yudha yang terungkap, membuat kebimbangan Rani semakin menjadi.

Penutup: Mungkin karena cerita  ini dikasih penyedap bernama  LGBT jadi aku merasa terganggu ya. Hehe. Bahkan saat aku mampir ke akun wattpadnya, sebagian besar Kak KincirMainan menciptakan karya yang membahas tentang itu. dan aku kurang nyaman. Tapi ada juga kok karyanya yang bagus. Intinya aku suka banget sama gaya kepenulisannya dan alur cerita yang dia ciptakan. 


2. Ika Vihara (The Game Of Love)
source:Google

Ini adalah kisah paling manis yang aku suka sih. Bercerita tentang Edna yang harus merawat anak perempuan kakaknya yang pergi meninggalkannya dirinya selama-lamanya. Kakak dan suami sang kakak tewas dalam sebuah kecelakaaan. Meninggalkan bayi yang harus Edna rawat bernama Mira. Hingga akhirnya Edna dijodohkan oleh seorang Alwin, pria tampan sekeras batu yang akhirnya pulang setelah bertahun-tahun meninggalkan Indonesia. Edna dan Alwin menikah tanpa cinta, Edna yang harus bertahan hidup agar tetap bersama Mira, anaknya dan Alwin yang didesak orang tuanya untuk segera menikah. Dalam permainan pasti akan ada salah satu yang kalah. Dan begitupula dalam permainan cinta yang mereka ciptakan.

Kesan: Aku suka cara Edna dalam memandang hidup. Penulisan novel ini sangat ilmiah dan banyak kutipan tidak langsung dari tokoh terkenal di luar sana. Aku suka cara Kak Ika mengalirkan sebuah cerita. Lembut , pelan namun dapat dengan mudah masuk ke dalam pikiranku. Alwin yang digambarkan memang sosok pekerja keras yang sangat keras kepala. Tapi aku tau penyebabnya. Masa lalu yang disakit seorang wanitalah yang membuat dia seperti itu. Dan hal ini juga yang membuat Alwin malah menyakiti Edna sebagai istrinya. Aku suka Kak Ika menceritakan bagaimana Mira yang lucu membuat suasana cerita sangat hidup. 

Penutup: Ada beberapa karya kak Ika yang belum aku baca. Cuman aku paling suka ini. Hehehe. Kisahnya bagsu banget, udah aku ulang dua kali dan rencananya mau tiga. 

3. Faitna YA (Saga dan Hold me Tight)
source:Google

Ada dua karya Faitna Y.A yang aku suka. Dan tokoh utamanya dahulunya adalah pasangan kekasih. Wkwkwk. Ini adalah novel dengan tema LGBT namun versi tobat. Dimana sepasang kekasih yang saling mencintai namun sejenis bernama Saga dan Bian akhirnya mendapatkan cinta sejati masing-masing. Dengan wanita yang bisa menerima mereka apa adanya. Yang pertama diceritakan di kisah SAGA. Aku membaca karya ini di Dreame, dengan cash yang memang banyak (Tapi puas aku membaca ceritanya). Saga adalah sosok artis terkenal yang memang berbakat. Dia selalu mendapatkan skandal bersama wanita hanya demi melindungi kekasih sejenisnya bernama Bian., Kisah mereka sangat menyakitkan. Hingga akhirnya ada manajer baru bernama Refa yang kabur dari mantan pacarnya yang hanya menjadikannya budak nafsu. Namun ternyata, kehadiran Refalah yang membuat Saga berubah dan berbalik mencintainya. Dalam buku Hold me tight, ternyata Bian yang sudah patah hati karena Saga memilih Refa ,sudah menikah dengan seorang wanita bernama Gena. Bian melakukan itu untuk ibunya yang kini menjadi keluarga satu-satunya. Hingga akhirnya, Bian pun menghamili wanita yang menjadi istrinya itu. Saat itulah dirinya bimbang dengan jati diri yang sebenarnya dia percaya selama ini. 

Kesan: Dalam kisah novel yang sudah pernah aku baca dengan mengambil tema LGBT yang memang masih tabu, beberapa pengarang memang berani mengubah orientasi seksual karakter dari yang tadinya berbeda, hingga akhirnya kembali normal. Sepertinya kalo di dunia nyata, malah kebanyakan yang normal menjadi suka sesama jenis sih. Tapi aku suka dengan tema yang diangkat. Dan yang paling utama, aku suka cara Faitna Y.A meramu kisah ini menjadi enak diikuti dan berpedar di hati dan pikiranku cukup lama. Namun kadang, ada beberapa hal yang membuat aku sakit. Saat tokoh pemeran utama saat amarahnya memuncak akan berani menampar pipi wanitanya. Yah walaupun sekali, tapi dalam kehidupan nyata menurutku itu udah beneran dalam kekerasan rumah tangga gak sih?. Jadi agak sakit ketika membacanya. Cuman aku suka bagaimana Faitna membungkus kisah ini dengan indah.

Penutup:  ada beberapa kisah Faitna Y,A lainnya yang tidak kalah bagus. Namun yang paling membekas dalam ingatanku adalah dua karyanya diatas. Saga dan Hold me Tight


4. Ami Shin ( The  Bad Guy, After Married, dan Leo dan Rere)
source:google


Karya selanjutnya yang aku rekomendasikan ada tiga. Namun tiga-tiganya memang berseri. Buku pertama berjudul The Bad Guy. Bercerita tentang Leo yang sudah memiliki tunangan sempurna dan penuh perhatian bernama Rere namun hatinya tetap kosong. Tanpa melihat Rere yang selalu ada di sampingnya dan berakhir bertemu seorang wartawan ceria bernama Amalia yang membuat hatinya berdebar. Buku kedua dan ketiga adalah kisah lanjutan dari mereka.

Kesan: Yah kalo kalian ngeh sama karya selanjutnya yang aku sebutkan, pasti pahamlah kisah Leo berlabuh nya kemana ye kan?.  Tapi yang greget di buku pertama ini adalah bagaimana brengseknya seorang Leo yang menyia nyiakan wanita sebaik Rere untuk bersama Amalia. Di awal kita bakal dilihatin gimana tidak nyamannya Leo bersama Rere, jadi kita bisa tau dari sisi Leo kenapa Leo merasa kosong jika bersama Rere dan bahagia jika bersama Amalia. Amalia sendiri bukan sosok jahat sih. Cuman NYOSORAN,itu yang aku gak suka. Membaca kisah pertama ini, bikin aku menangis. Gimana seorang Rere yang tulus, Leo yang egois dan Amalia yang akhirnya mengharapkan cinta Leo. Kisah cinta segitiga yang menyebalkan namun mungkin memang ada di sekitar kita. Bahkan saat Rere merelakan Leo bersama Amalia, mereka berdua sempat berkencan ( dibelakang Rere pun mereka udah selingkuh sejak awal, dan itu bikin aku pengen mbuang dua orang gak tau diri itu ke laut!) setelah peristiwa Rere yang dengan baik hati menyelamatkan Amalia dari pelaku yang memang sedang Leo buru (Leo tuh polisi dan Amalia wartawan). Meskipun akhirnya Leo nangis-nangis juga saat Rere meninggalkan dirinya, tapi perbuatannya beneran gak bisa di Iyain sih ya. Amalia juga gak tau diri. Dan Rerenya yang terlalu baik. Tapi aku suka pemikiran Rere. Bagaimanapun, saat dia belum milikmu (dalam artian pernikahan) masih bisa dia lepaskan. Karena cinta itu yang membuat orang yang dicintai Rere bahagia, dan Rere paham, bahagianya Leo bukan Rere. Untuk Karya kedua dan ketiga Ami Shin yang selanjutnya adalah kisah selanjutnya mereka yang kalian paham akhirnya gimana. Tapi serius deh, disini kalian bakal liat betapa bucinnya Leo yang menyebalkan itu. Wkwkwk,. Meskipun gak ada kisah Rere dan Leo pas punya anak gitu, Pengen liat seberapa kuatnya Leo menghadapi anaknya sendiri.

Penutup: aku suka sekali gaya kepenulisan Ami shin. Khas dan membuat aku bahagia. Kebanyakan kisah Ami memang diawali dengan laki-laki khilaf ,akhirnya menyesal dan memohon ampn kepada pemeran wanitanya,. Tapi setiap kata yang ada di dalamnya mengandung kalimat yang indah. Bikin betah buat baca lagi dan lagi. Hehe.

5. Citra Novy ( Sashi)
source:Google

Di usia 25 tahun, Sashi sudah  menjadi janda. Dia harus merawat anaknya yang memang harus diperhatikan setiap saat dan setiap waktu karena keaktifannya. Untung saja Sashi masih dibantu mantan suaminya yang bertanggungjawab. Sashi ingin merasakan cinta. Namun kenapa debaran jantungnya berdetak keras saat di dekat orang terdekatnya? yang tidak lain adalah mantan suaminya itu?.

Kesan: Aku kenal penulis citra novy saat membaca karyanya yang lain yaitu satu atap. Tapi kemunculan karyanya yan satu ini membuat aku mesem-mesem sendiri. Aku suka bagaimana Arasya tetap berada di samping Sashi meskipun mereka bercerai. Aku suka mereka berdua yang masih saling cinta dan aku suka interaksi mereka dengan anak mereka yang bernama Aru. Anaknya lucu banget serius!. Penulis yang satu ini bukan tipe penulis yang mengangkat tema berat-berat dengan plot twits yang seperti detektif. Tapi cerita yang Kak Citra tulis sangat membuatku betah disana. Kayak aku jadi saksi kisah cinta mereka berdua. Yah meskipun ada satu yang bikin kaget. Mereka saling  menyentuh lagi, setelah Aryasa mengakui perasaannya selama ini, padahal udah cerai. Udah gitu aja sih. wkwk. 


Penutup:sebenarnya ada kisah dari Citra Novy yang tidak kalah bagus. Judulnya Satu Atap. Tapi banyak banget serinya ( 3 dan masih ada kelanjutannya katanya) dan akhirnya aku gak bahas disini. Cuman aku tetap merekomendasikan kalian untuk membacanya, Dilanjutkan Garis Tangan dan Hye Bye!. 

6. KupuKupuKecil (Dara & Dira)
Source: Rdm Publisher



Kalo yang ini,., lucu serius. Dara pergi dari Indonesia saat mengetahui pacar yang 4 tahun bersamanya menikah dengan orang lain. Namun 4 tahun kemudian, saat mereka bertemu lagi dengan keadaan Dira yang duda dan bersama anak perempuan yang lucu, bagaimana bisa Dara tidak melupakan laki-laki itu?. Namun keadaannya kini berbeda. Karena dirinya punya Bagas. Meskipun Bagasnya memiliki rahasia di balik hubungannya bersama Dara.

Kesan: Aku suka banget sama gaya cerita Kak Kupukupukecil yang memang kocak. Ceplas ceplos dan suka menggabungkan lirik lagu (kebanyakan khas sunda dan kadang lagu jadul) tapi herannya ya nyambung-nyambung aja gitu. Dalam cerita ini ada sedihnya sih. Apalagi saat bagian Bagas, Pengen aku peluk laki-laki kayak gitu, sad boy banget ya Allah. Yang bikin aku masih belum puas tuh, Dira seakan tenggelam di tengah cerita saat kisah Bagas dan Dara diangkat. Benar-benar menghilang. Gak ada so sweetnya lagi sama si Dira ( menurutku kebanyakan banget bahas si Bagas ini) tapi yah tetep aja. Cerita ini luar biasa bagus! Dira adalah sosok laki-laki cuek namun kalo ngomong udah kayak petasan. Ngagetin dan lucu.

Penutup: Ada beberapa kisah kupukupukecil yang aku ikutin, Di wattpad, beliau termasuk yang masih bertahan untuk mempublikasikan karyanya yang udah tamat dan belum dibukukan. dan ceritanya gak kalah bagus dari Dara dan Dira. Ada Odivica dan All we need is Baby. 


Selain yang diatas, ada beberapa eebook yang aku rekomendasikan. Seperti Starting Over karya Tita Sanaria, Marriage Deals karya Liarasati, A Virgin Wife karya Verlitaisme. 


Banyak sekali penulis wattpad yang bagus banget karyanya. dan itu yang bikin aku beneran pengen banget jadi sebesar mereka. Kalo bisa kayak Tere Liye. Bisa gak ya?


Aku juga punya akun wattpad sih, Monggo mampir ya ( satu cerita ada yang udah ending, dan jangan lupa vote) https://www.wattpad.com/user/mrssacan



Demikian yang bisa aku sampaikan. Terimakasih dan sampai jumpa gengs!


1 komentar:

© hubby and energy Template designed by Juvmom - Sesukamu